cover
Contact Name
Berru Amalianita
Contact Email
berru@konselor.org
Phone
-
Journal Mail Official
frischa@konselor.org
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
ISSN : 25413163     EISSN : 25413317     DOI : -
Core Subject : Education,
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across educational contexts 2) Publish manuscripts that are of local and International significance in terms of design and/or findings 3)Encourage collaboration by local and international teams of researchers to create special issues on these topics. JPGI published biannualy (May and October).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2022): JPGI" : 7 Documents clear
Pengembangan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa Nuari, Iqbal; Mudjiran, Mudjiran
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022216jpgi0005

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang valid secara isi dan tampilan, (2) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswayang praktis digunakan dan (3) menghasilkan modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas isi produk dalam penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dalam bidang BK dan 3 orang ahli dalam bidang desain. Kemudian 4 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dilihat dari isi dan tampilan modul yang dikembangkan berada pada kategori Sangat Layak, (2) tingkat praktikalitas modul karakter cerdas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor dan siswa, (3) modul karakter cerdas efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian, modul karakter cerdas yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Peran guru dalam mewujudkan enam fokus pendidikan pada proses pembelajaran di sekolah selamat covid-19 Putra, Berkah Adityo Szauli; Ananda, Azwar
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022318jpgi0005

Abstract

Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam mengarahkan kehidupan manusia. Sehingga setiap negara sangat menekankan tentang pentignya mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu melalui pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam mewujudkan enam fokus pendidikan pada proses pembelajaran di sekolah selamat covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis metode kajian literatur. Hasil analisis pada kajian ini menunjukkan bahwa pemahaman penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari peran guru. Oleh kerana itu guru diharapkan dapat memahami enam fokus pendidikan dengan baik. Adapun enam fokus pendidikan itu meliputi kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negera. Sehingga pemahaman pendidik tentang enam fokus pendidikan tersebut akan mempermudah pendidik dalam menjelankan perannya baik dalam situasi normal maupun dalam situasi pandemi Covid-19. Guru berperan penting dalam mengaplikasikan 6 fokus pendidikan ini dalam proses pembelajaran terutama di masa pandemic covid-19.
Analisis kemampuan presentasi dengan metode cerita sejawat pada anak suku laut di Batam Dini, Mira Embun; Erianjoni, Erianjoni
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022329jpgi0005

Abstract

Salah satu penghambat proses pembelajaran IPS adalah rendahnya kemampuan anak untuk berargumentasi dan bercerita dalam presentasi ketika pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis lebih lanjut mengenai kemampuan presentasi siswa dengan metode cerita sejawat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan presentasi anak suku laut di SMPN 23 Batam yang tergambar dari tingginya antusias siswa dalam mengutarakan pendapat mereka pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun metode cerita sejawat yang diterapkan adalah dengan membagi mereka kedalam kelompok beranggotakan tiga orang dimana orang pertama berperan sebagai pencerita, orang kedua sebagai pendengar dan orang ketiga sebagai observer dan peran ini akan bergantian bergilir. Dalam metode cerita sejawat siswa dituntut untuk mengungkapkan pikiran mereka berdasarkan materi dengan alat panduan cerita yang sudah disiapkan sebelumnya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan presentasi anak suku laut dapat meningkat dengan signifikan setelah diterapkannya metode cerita sejawat.
Analisis pengetahuan dasar merdeka belajar guru SMA/SMK berdasarkan pandangan filosofi Ki Hajar Dewantara Kurniawan, Wawan; Anwar, Syafri
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022330jpgi0005

Abstract

Penelitian ini didasari dari masih rendahnya kesadaran dan pengetahuan guru tentang merdeka belajar disebagian besar SMA/SMK Kota Batam yang mengakibatkan guru menerjemahkan merdeka belajar sebagai proses belajar sesuka siswa dan sesuka guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengetahuan dasar merdeka belajar guru SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi partisipasi pada 4 sekolah swasta dan 2 sekolah negeri, sedangkan metode observasi non partisipasi dilaksanakan pada 2 sekolah swasta dan 4 sekolah negeri. Data yang diperoleh adalah data primer dari hasil observasi, sedangkan data sekunder didapat dari data dinas pendidikan terkait pelaksanaan platform merdeka mengajar yang ada di sekolah menengah di Kota Batam. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ada kesalahan pemahaman guru pada prinsip terpenting merdeka belajar, yang mengakibatkan gagalnya memaknai dan menjalankan merdeka belajar secara utuh, adapun prinsip yang belum tersentuh dengan baik tersebut adalah pertama gagal memaknai tujuan dan posisi guru dalam pandangan filosofi ki hajar dewantara, kedua belum duduknya konsep tentang kesepakatan kelas yang menyebabkan kesepakatan hanya sebagai seremonial biasa, ketiga belum memaknainya diferensiasi belajar secara utuh mengakibatkan guru semakin bingung, terakhir belum adanya pengetahuan menyeluruh tentang batasan merdeka belajar.
Pengembangan media belajar peserta didik menggunakan video pada pembelajaran batik tulis di sekolah menengah kejuruan negeri 8 Padang Fadhillah, Fadhillah; Efi, Agusti
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022373jpgi0005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar peserta didik menggunakan video yang praktis dan valid pada pembelajaran batik tulis. Serta mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran menggunakan video pada pembelajaran batik tulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan 4D mengacu pada teori Thiajaragan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Sedangkan kualitas kelayakan media pada penelitian sudah melalui uji validitas para ahli, angket respon guru dan peserta didik (Kurniawan, 2017:14). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video yang dikembangkan untuk peserta didik pada pembelajaran batik tulis  kelas XI SMK telah memenuhi kriteria valid dari segi pendekatan isi/materi, media, dan kebahasaan, begitu juga dari respon guru dan peserta didik terhadap media video sudah valid dan praktis, sehingga siap untuk diuji coba skala besar dikelas XI SMK.
Membangun motivasi siswa dalam materi penelitian sosial pada pembelajaran sosiologi Widyastuti, Ayu; Anwar, Syafri
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/022317jpgi0005

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Kegiatan ini tentunya berkelanjutan dan cukup membosankan untuk siswa. Rutinitas yang selalu dilakukan di dalam kelas dan membuat siswa jenuh dengan suasana yang ada. Hal ini yang justru memadamkan perlahan demi perlahan motivasi siswa dalam belajar. Apalagi dengan pembelajaran sosiologi yang mana dalam pemikiran siswa adalah pelajaran yang kurang menyenangkan karena terlalu banyak hafalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisi serta mengidentifikasi cara membangun motivasi siswa dalam materi penelitian sosial pada pembelajaran sosiologi. Metode penelitian menggunakaan deskriptif kualitatif  dengan subjek penelitian guru dan siswa SMAN 14 Batam. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dapat terbangun dalam pembelajaran sosiologi khususnya materi penelitian sosial melalui studi lapangan dan kolaborasi guru. Kedua cara ini dapat membangun suasana baru yang dapat memunculkan motivasi siswa dalam belajar khususnya dalam materi penelitian sosial.
Perilaku phubbing pada mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya Putri, Yola Eka; Marjohan, Marjohan; Ifdil, Ifdil; Hariko, Rezki
JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) Vol 7, No 3 (2022): JPGI
Publisher : Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/021940jpgi0005

Abstract

Perilaku phubbing dapat diartikan sebagai tindakan mengabaikan orang lain saat interaksi dengan orang lain sedang berlangsung dan memilih berselancar di smartphone. Perilaku phubbing dapat ditemukan di dalam berbagai setting interaksi individu. Pada mahasiswa perilaku ini dapat ditemukan dalam setting keluarga, saat berkumpul dengan kolega, dan saat belajar di kelas serta pertemuan-pertemuan yang memerlukan interaksi social lainnya. Perilaku phubbing juga sudah berdampak pada interaksi pembelajaran virtual saat ini, khususnya saat mahasiswa melakukan aktivitas perkuliahan di zoom.Metode penelitian yang digunakan adalah metode literature review. Pada penelitian ini ditemukan ada berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing mahasiswa adalah FoMO, time distortion, poor reasoning, smartphone addication, technology addiction, dan self control.

Page 1 of 1 | Total Record : 7